Pengalaman


             Selama 20 tahun ini, saya banyak sekali melakukan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari aktifitas yang memang merupakan suatu rutinitas bagi saya maupun aktifitas yang sekedar hanya coba-coba. Saat saya memasuki masa SMP, saya mulai kenal dengan musik terutama yang bergenre rock. Saya mengetahui musik bergenre rock, berawal dari teman saya yang rata-rata kalangan kakak kelas. Perasaan saya ketika pertama kali mendengarkan musik rock adalah perasaan yang menggebu-gebu hingga membuat saya menjadi semangat. Hal ini pun membuat saya tertarik dalam mendalami dunia musik. Seiring berjalannya waktu, saya mulai bergabung dengan group band yang beranggotakan kakak kelas dan saya berposisi sebagai pemain drum. Saya beserta group saya rajin melakukan latihan minimal 2 minggu sekali. Hingga pada akhirnya group band kami mulai mengikuti ajang-ajang pentas seni di berbagai SMA di Surabaya. Saya menemukan sosok saya yang lain ketika saya berada di tengah-tengah panggung bersama group band saya. Perasaan senang, excited, dan semangat bercampur menjadi satu. Bisa dibilang saat saya menabuh drum, seluruh perasaan dan emosi saya tertuang kedalam alunan musik.


            Sampai saat inipun saya masih menggeluti bidang musik, hanya saja saya berada di group band yang berbeda. Group band saya mengalami evolusi yakni satu persatu anggota band saya mulai memasuki dunia perkuliahan. Sebelum terbentuknya anggota band baru, saya sempat vacuum dari dunia musik karena kesulitan untuk mencari anggota yang cocok. Namun saya terkadang masih melakukan latihan dengan anggota yang tersisa. Sampai pada akhirnya, saya pun juga mulai memasuki dunia perkuliahan. Perlahan-lahan sosok drum sudah jarang saya temui lagi. Hingga pada akhirnya, salah satu anggota band saya yang tersisa mengajak saya untuk hangout di sebuah café. Teman saya mengatakan kepada saya bahwa ia rindu dengan suasana panggung yang diiringi dengan musik rock. Dia juga mengatakan bahwa ia ingin sekali menciptakan sebuah lagu untuk group kami sendiri. Baru saya sadari, saya pun juga rindu untuk memegang erat stick drum diatas panggung. Akhirnya kamipun sepakat untuk mencari anggota baru.

            Tidak menunggu waktu lama, terbentuklah anggota band saya yang baru. Kami terbilang cukup cepat dalam mengakrabkan diri sehingga saya merasa optimis dengan group saya yang baru. Hari demi hari berlalu, tibalah kami untuk berdiskusi terkait lagu yang akan kami ciptakan, mulai dari konsep, nama group hingga judul lagu yang akan kami buat. Setelah semua disiapkan, kami pun perlahan-lahan mulai menggarap sebuah lagu. Membuat lagu bukanlah hal yang gampang, apalagi kami juga disibukkan oleh tugas kuliah dan kesibukan lainnya. Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk menyelesaikan lagu tersebut. Setelah lagu sudah selesai dibuat, kami melakukan latihan rutinitas untuk menyelaraskan nada dan vokal. Latihan juga dilakukan berulang kali karena sempat adanya perubahan dalam nada. Akhirnya lagu kami pun siap dan kami juga sudah mendaftarkan group kami untuk melakukan recording. Hanya butuh waktu 2 kali recording, akhirnya lagu kami pun siap untuk dirilis. Perasaan senang dan bangga campur aduk menjadi satu karena salah satu impian kami telah terwujud.

Postingan Populer